Apa itu skor Gleason?

By | March 14, 2017

Kebanyakan orang yang telah didiagnosis menderita kanker prostat akan ingin mengetahui pandangan dan rencana perawatan mereka dengan cepat. Skor Gleason memainkan peran utama dalam menentukan kedua hal ini.
Saat dokter mendiagnosa kanker prostat, biopsi sel kanker di prostat akan dilakukan. Setelah itu, skor Gleason akan digunakan untuk membantu menjelaskan hasilnya, Skor Gleason juga digunakan untuk menentukan seberapa agresif kanker dan apa pengobatan terbaiknya.

  • Isi dari artikel ini:

    Apa itu skor Gleason?
    Apa artinya hasilnya?
    Cara lain untuk mengukur kanker prostat?
    Bagaimana skor Gleason mempengaruhi pengobatan?

  • Apa itu skor Gleason?

    Skor Gleason adalah sistem penilaian yang dirancang pada tahun 1960 oleh seorang ahli patologi bernama Donald Gleason.

    Gleason berhasil mengetahui bahwa sel-sel kanker terbagi dalam lima pola yang berbeda, karena mereka berubah dari sel normal menjadi sel tumor. Akibatnya, ia memutuskan bisa mencetak gol dengan skala 1 sampai 5.
    Sel yang mendapat skor 1 atau 2 dianggap sebagai sel tumor tingkat rendah. Ini cenderung terlihat mirip dengan sel normal.
    Sel yang paling dekat dengan 5 dianggap bermutu tinggi. Dibandingkan dengan sel kelas yang lebih rendah, mereka telah bermutasi sedemikian rupa sehingga tidak lagi terlihat seperti sel normal.

  • Bagaimana skor Gleason berhasil?

    Skor Gleason ditentukan oleh hasil biopsi, Selama biopsi, dokter mengambil sampel jaringan dari berbagai daerah prostat. Beberapa sampel diambil, karena kanker tidak selalu ada di semua bagian prostat.
    Setelah memeriksa sampel di bawah mikroskop, dokter menemukan dua daerah yang memiliki sel kanker paling banyak. Nilai Gleason ditugaskan ke masing-masing bidang ini, secara terpisah. Masing-masing diberi skor antara 1 dan 5. Ini kemudian ditambahkan bersama untuk memberikan skor gabungan, yang sering disebut sebagai jumlah Gleason.
    Dalam kebanyakan kasus, skor Gleason didasarkan pada dua area yang dijelaskan di atas yang membentuk sebagian besar jaringan kanker.

  • Namun, ada beberapa pengecualian terhadap cara skor berhasil.

    Ketika sampel biopsi memiliki banyak sel kanker tingkat tinggi atau menunjukkan tiga jenis nilai yang berbeda, skor Gleason dimodifikasi untuk mencerminkan seberapa agresif kanker dianggap.

  • Apa artinya hasilnya?

    Ketika seorang dokter memberi tahu seseorang apa skor Gleason mereka, akan terjadi antara 2 dan 10. Meskipun tidak selalu demikian, semakin tinggi nilai, semakin agresif kankernya. Biasanya, skor yang lebih rendah menunjukkan kanker yang kurang agresif.
    Dalam kebanyakan kasus, skor berkisar antara 6 dan 10. Sampel biopsi yang skor 1 atau 2 tidak digunakan sangat sering karena mereka biasanya bukan area kanker yang dominan.
    Skor Gleason 6 biasanya skor terendah mungkin. Kanker prostat dengan skor 6 dijelaskan juga dibedakan atau bermutu rendah. Ini berarti kanker lebih cenderung tumbuh dan menyebar perlahan.
    Skor antara 8 dan 10 disebut sebagai buruk dibedakan atau bermutu tinggi. Dalam kasus ini, kanker cenderung menyebar dan tumbuh dengan cepat. Skor 9 dan 10 dua kali lebih cenderung tumbuh dan menyebar dengan cepat sebagai skor 8.

Dalam kasus skor 7, hasilnya bisa menjadi salah satu dari dua cara berikut:

3 + 4 = 7
4 + 3 = 7

Perbedaan ini menunjukkan seberapa agresif tumor tersebut. Skor 3 + 4 biasanya memiliki pandangan bagus. Skor 4 + 3 lebih cenderung tumbuh dan menyebar dibandingkan dengan skor 3 + 4, namun cenderung tumbuh dan menyebar dari pada skor 8.

Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin menerima beberapa nilai Gleason. Hal ini karena kadar dapat bervariasi antara sampel dalam tumor yang sama atau antara dua atau lebih tumor. Dalam kasus ini, dokter cenderung menggunakan skor tertinggi sebagai panduan pengobatan.

  • Cara lain untuk mengukur kanker prostat

    Skala Gleason sangat penting bagi dokter saat mereka menentukan pilihan pengobatan terbaik. Namun, ada beberapa faktor tambahan dan pengelompokan untuk membantu mereka.

    Beberapa pertimbangan tambahan meliputi:

  • Hasil pemeriksaan dubur
  • Tingkat PSA darah individu
  • Hasil tes pencitraan
  • Jumlah sampel biopsi yang mengandung kanker
  • Apakah kanker telah menyebar melampaui prostat
  • Berapa banyak masing-masing sampel jaringan terdiri dari kanker
  • Apakah kanker ditemukan di kedua sisi prostat

Baru-baru ini, para periset telah menentukan pengelompokan tambahan, yang disebut kelompok kelas. Kelompok kelas ini membantu mengatasi beberapa masalah dengan sistem Gleason.
Saat ini, skor Gleason terendah yang diberikan adalah 6. Secara teori, nilai Gleason berkisar antara 2 sampai 10.
Nilai terendah yang dilaporkan dari 6 menyebabkan beberapa orang berpikir kanker mereka berada di tengah skala kelas. Akibatnya, mereka lebih cenderung khawatir dan menginginkan perawatan segera.

Seperti dijelaskan di atas, skor Gleason paling sering dibagi menjadi tiga kelompok: 6, 7, dan 8-10.
Pengelompokan ini tidak sepenuhnya akurat karena skor Gleason 7 terdiri dari dua nilai, 3 + 4 dan 4 + 3. Dalam kelompok ini, 4 + 3 adalah pandangan yang lebih buruk daripada 3 + 4.

Demikian pula, skor Gleason dari 9 atau 10 memiliki pandangan yang lebih buruk daripada skor Gleason 8, meskipun berada dalam kelompok yang sama.
Pengelompokan yang lebih baru lebih mudah dipahami karena individu diperlakukan dan lebih akurat dalam hal pandangan dan pengobatan.

  • Berikut ini adalah rincian kelompok baru. Skor 1 dianggap terbaik dan skor 5 dianggap terburuk :

  • Kelompok kelas 1 = Gleason 6 (atau kurang)
  • Kelompok kelas 2 = Gleason 3 + 4 = 7
  • Kelompok kelas 3 = Gleason 4 + 3 = 7
  • Kelompok kelas 4 = Gleason 8
  • Kelompok kelas 5 = Gleason 9-10

Bagaimana skor Gleason mempengaruhi pengobatan?

Skor Gleason dan pengelompokan serupa membantu dokter memberikan pandangan dan rencana perawatan kepada individu. Informasi ini dan faktor lainnya kemudian digunakan bersamaan untuk memandu keputusan pengobatan.

Untuk skor Gleason yang lebih rendah, pengobatan cenderung terdiri dari:

Surveilans aktif, di mana usia seseorang dan kesehatan secara keseluruhan membantu menentukan kapan kanker mereka diobati, Operasi prostatektomi radikal untuk mengangkat prostat
terapi radiasi

Untuk skor Gleason yang lebih tinggi dan stadium kanker yang lebih lanjut, pengobatan dapat terdiri dari kombinasi berikut ini:

  • Prostatektomi radikal
  • Hanya brachytherapy
  • Radiasi sinar eksternal saja
  • Brachytherapy dan radiasi sinar eksternal
  • Keterlibatan dalam uji klinis pengobatan yang lebih baru
  • Pengawasan aktif
  • Kemoterapi
  • Terapi hormon
  • Operasi untuk mengobati gejala kanker

Brachytherapy adalah bentuk terapi radiasi, di mana radiasi diberikan pada prostat dengan menempatkan biji radioaktif kecil langsung ke prostat. Hal ini juga disebut sebagai terapi radiasi internal.
Radiasi sinar eksternal melibatkan penggunaan mesin yang memfokuskan sinar radiasi ke prostat dari luar tubuh.
Orang dengan kanker prostat akan dapat mendiskusikan pilihan pengobatan mereka dengan dokter mereka untuk menentukan yang terbaik untuk mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *